4 Pilihan cara cek mobil bekas berikut kelebihan dan kekurangannya - OMBRO

4 Pilihan cara cek mobil bekas berikut kelebihan dan kekurangannya

Untuk membeli mobil bekas sebaiknya dilakukan dengan cermat dan teliti. Pasalnya, tidak sedikit orang yang mengalami kekecewaan akibat salah dalam memilih mobil bekas. Mobil bekas yang seharusnya sudah bisa dioperasikan secara normal ternyata harus masuk ke bengkel untuk waktu yang lama dengan biaya perbaikan yang cukup mahal.

Oleh karena itu, memilih mobil bekas sudah sepantasnya diakukan oleh orang yang ahli sehingga meminimalisir potensi kerugian yang akan muncul, mulai dari harga yang kemahalan hingga biaya perbaikan tambahan yang diperlukan jika pembelian mobil bekas tersebut jadi dilakukan.

4 pilihan cara cek mobil bekas

Nah, pada artikel kali ini, ombro akan berbagi tips tentang 4 pilihan cara cek mobil bekas berikut kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Simak cara cek mobil bekas dibawah ini...


1. Cek mobil bekas sendiri


Pilihan pertama sebagai cara cek mobil bekas adalah dengan mengecek mobil bekas sendiri. Seluruh proses untuk mendapatkan mobil bekas tersebut dilakukan oleh anda sendiri, mulai dari mencari mobil bekasnya, melakukan pengecekan mobilnya sendiri (cek surat-surat, cek mesin, cek bodi,dll), hingga memutuskan apakah mobil bekas tersebut layak dibeli atau tidak.

Pengecekan mobil bekas seorang diri ini bisa dibilang perkara yang cukup rumit dan memakan waktu sehingga pilihan ini sebaiknya dihindari terlebih untuk anda yang memang baru pertama kali membeli mobil. Berikut kelebihan dan kekurangan cek mobil bekas sendiri

Kelebihan cek mobil sendiri
  • Bebas dari biaya pengecekan
  • Bebas menentukan kapan waktu pelaksanaan pengecekan mobil karena hanya tergantung anda dan pemilik mobil bekas.

Kekurangan cek mobil bekas sendiri
  • Keakuratan hasil pengecekan mobil paling rendah tingkatannya dibanding dengan pilihan lain dibawah ini (kecuali anda seorang mekanik atau seseorang yang paham dengan mobil dan perawatannya)
  • Lebih rawan mendapatkan mobil bekas yang kurang layak di beli


2. Cek mobil bekas bersama rekan yang paham kendaraan


Pilihan kedua sebagai cara cek mobil bekas adalah cek mobil bekas bersama rekan yang paham kendaraan. Paham kendaraan disini setidaknya memahami bagaimana melakukan cek mesin secara individu, cek bodi, hingga kerusakan mobil yang muncul saat tes jalan. Setidaknya seorang mekanik atau teknisi mobil.

Dengan mengecek mobil bersama rekan yang paham tentang mobil, setidaknya anda bisa mendapatkan gambaran yang lebih detail tentang hal-hal yang terkait dengan urusan teknikal mobil bekas seperti misalnya mengetahui apakan mesin mobil bekas tersebut knocking atau tidak atau suspensi mobilnya normal atau tidak hingga mobil tersebut pernah terendam banjir atau tidak.

Dengan paparan tentang detail teknikal yang ada di mobil bekas tersebut, maka anda bisa lebih mendapat gambaran tentang prioritas perbaikan yang bisa dilakukan setelah membeli mobil bekas tersebut. Berikut kelebihan dan kekurangan cara cek mobil bekas bersama rekan yang paham mobil

Kelebihan cek mobil bekas bersama rekan yang paham mobil
  • Keakuratan pengecekan jauh lebih baik dibanding dengan pengecekan sendiri
  • Anda bisa mendapatkan gambaran langsung prioritas perbaikan mobil jika mobil tersebut jadi anda beli.

Kekurangan cek mobil bekas bersama rekan yang paham mobil
  • Detil keakuratan pengecekan kurang terjamin (karena umumnya hanya berdasarkan perkiraan dan pengalaman yang dimilikinya)
  • Ada pengeluaran biaya "pertemanan" untuk mengecek mobil bekas
  • Memerlukan perjanjian waktu untuk melakukan waktu pengecekan mobil bekas

Baca juga :


3. Cek mobil bekas melalui dealer resmi


Pilihan berikutnya sebagai cara cek mobil bekas adalah dengan mengecek mobil bekas melalui dealer resmi. Sangat disarankan untuk mengecek mobil bekas ini melalui dealer resmi dimana mobil bekas tersebut rutin melakukan perbaikan.

Sebenarnya, pilihan ini merupakan pilihan paling ideal diantara ke empat pilihan cara cek mobil bekas yang ombro paparkan disini. Pasalnya, dalam pengecekan mobil bekas di dealer resmi umumnya sudah menggunakan alat-alat pengecekan serta alat pengukuran yang akurat sesuai dengan jenis kendaraan yang akan di cek.

Anda bisa mendapatkan detil kondisi seluruh mobil mulai dari mesin, rangka, bodi, elektrikal, komputer mobil, hingga kaki-kaki mobil sehingga anda bisa lebih yakin dalam mentukan apakah mobil bekas tersebut layak dibeli atau tidak. Berikut kelebihan dan kekurangan cara cek mbil bekas melalui dealer resmi.

Kelebihan cek mobil bekas melalui dealer resmi
  • Tingkat keakuratan pengecekan paling tinggi diantara 4 pilihan cara cek mobil bekas lainnya karena ditangani oleh ahlinya.
  • Anda memiliki data lengkap tentang kerusakan yang ada di mobil bekas tersebut.
  • Anda bisa bertanya langsung terkait riwayat perawatan dan menyesuaikan dengan buku service yang dimiliki mobil tersebut
  • Anda bisa langsung mendapatkan gambaran resiko kerusakan lanjutan serta biaya perbaikan yang dibutuhkan jika anda jadi membeli mobil tersebut.

Kekurangan cek mobil bekas melalui dealer resmi
  • Membutuhkan biaya pengecekan yang harganya cukup mahal dan umumnya ditanggung pembeli.
  • Membutuhkan waktu pengecekan yang tidak sebentar (setidaknya butuh waktu pemeriksaan lebih dari 2 jam)
  • Membutuhkan penyesuaian waktu antara pembeli, penjual dengan pihak dealer terkait jam kerja buka dealer yang umumnya hanya dilakukan pada jam dan hari kerja normal.


4. Cek mobil bekas melalui jasa pengecekan mobil


Pilihan terakhir sebagai cara cek mobil bekas adalah melalui jasa pengecekan mobil bekas yang kini marak beredar. Ya, jasa pengecekan mobil bekas ini bisa dibilang memiliki alur dan proses pengecekan mobil bekas yang mirip-mirip dengan dealer resmi, namun tidak terlalu spesifik karena skill dan alat yang digunakan untuk pengecekan umumnya berlaku secara general (umum).

Pilihan ini merupakan pilihan terbaik kedua setelah cek melalui dealer resmi karena umumnya data pengecekan cukup akurat dan cukup lengkap seperti dealer resmi. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan cara cek mobil bekas melalui jasa pengecekan mobil

Kelebihan cek mobil bekas melalui jasa pengecekan mobil
  • Keakuratan pengecekan mobil bekas lebih terjamin karena dilakukan oleh orang-orang yang paham terkait teknikal mobil.
  • Bebas menentukan waktu untuk menggunakan jasa pengecekan mobil
  • Resiko mendapatkan mobil bekas berkualitas buruk lebih rendah

Kekurangan cek mobil bekas melalui jasa pengecekan mobil
  • Biaya yang dikeluarkan untuk pengecekan relatif mirip dengan jasa pengecekan di dealer resmi
  • Harus benar-benar jeli memilih jasa pengecekan karena tidak semua jasa pengecekan memiliki orang teknikal yang fasih terhadap merek mobil bekas yang akan kita beli.

Demikianlah artikel tentang 4 pilihan cara cek mobil bekas berikut kelebihan dan kekurangannya yang bisa ombro sampaikan kali ini semoga bisa bermanfaat.

Daftar isi
    SHARE